Sejarah Sepak Bola

     Sebagaimana di banyak negara di seluruh dunia, di Indonesia sepak bola juga menjadi jenis olahraga yang sangat digemari. Pencinta sepak bola di negeri ini tak terhitung jumlahnya.
     Sejarah sepak bola Indonesia dimulai sekitar tahun 1914. Ketika itu, Indonesia masih berada dalam kekuasaan penjajah, yaitu pemerintah Hindia Belanda. Pada waktu itu, mulai diselenggarakan kompetisi antar kota di Jawa.
     Ada dua tim yang mendominasi kejuaraan ini, yaitu Batavia City dan Soerabaja City.
     Terbentuknya PSSI (Persatuan Sepak Bola seluruh Indonesia) menjadi awal bergulirnya sejarah sepak bola modern di Indonesia. PSSI terbentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.
     Soeratin Sosrosoegondo terpilih sebagai ketua. Lahir di zaman penjajahan membuat organisasi olahraga ini tidak dapat dilepaskan dari kegiatan politik melawan bangsa penjajah.
     Pada era sebelum tahun 1970-an, sejumlah pesepak bola Indonesia sempat berlaga dalam ajang kompetisi tingkat internasional. Seiring dengan perjalanan waktu, PSSI pun memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, antara lain dengan penyelenggaraan berbagai ajang kompetisi untuk pemain non amatir (Divisi Utama, Divisi Satu, Divisi Dua, dan Liga Super Indonesia) dan untuk pemain amatir (Divisi Tiga).
     PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola dalam kelompok umur tertentu dan sepak bola wanita.
Sejarah Sepak Bola Reviewed by MRizki on 8:38 AM Rating: 5
All Rights Reserved by Blog Info Olahraga © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Share by Star Tuan

Contact

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.